Seorang Pahlawan Dalam Perjalanan Karierku

Lulus sekolah saya sempat bingung mau cari kerja apa. Segala lamaran saya masukkan namun tak satupun yang mendapatkan panggilan. Hingga saat mengantar keponakan yang masih TK berangkat sekolah saya melihat ada ibu guru yang baru datang dengan menuntun sepeda.

 

Melihat gurunya datang, para murid berhamburan untuk menyalami. Saya pun ikut menyalami dan baru kemudian saya tahu kalau nama ibu guru tersebut adalah Bu Ida. Saat itu saya ingin sekali menjadi guru seperti Bu Ida. Ketika niat itu saya utarakan Bu Ida memberi kesempatan pada saya untuk magang. Sungguh saya merasa saat itu Bu Ida benar-benar pahlawan dalam hidup saya.

 

Ketika saya tidak tahu harus ke mana, kerja apa dan berbuat apa, Bu Ida menjawab semua pertanyaan saya.

 

Dari magang di TK saya pun menjadi tahu betapa mulia seorang guru TK, yang meski honornya tidak besar, tapi pengabdiannya luar biasa. Dengan menjadi guru TK saya pun banyak belajar dan tidak jijik ketika menghadapi anak muntah, buang air kecil (BAK) bahkan buang air besar (BAB). Saya juga tidak panik saat ada anak terjatuh. Begitu pula jika ada yang menangis.

 

Dari profesi ini saya pun sekaligus belajar menjadi seorang ibu. Pendidikan seperti mengajarkan sopan santun, kemandirian, keterampilan, mengenal angka, huruf dan bahasa. Semua itu dikenalkan pertama kali saat anak bersekolah di TK dan dilakukan oleh guru TK. Saya pun merasa sangat bangga ketika ilmu yang saya berikan tersebut dipakai oleh murid hingga murid saya besar nanti.

 

Berkat Bu Ida juga karakter saya yang meledak-ledak sudah lumayan berkurang dan berganti dengan kesabaran. Bu Ida juga yang mendorong dan memotivasi saya untuk akhirnya berani menjadi guru, dan saat ini saya sedang merintis membuat tempat penitipan anak untuk membantu para ibu bekerja. Meski sudah tidak berada dalam satu lembaga lagi dengan Bu Ida, namun setiap hari Bu Ida selalu menjalin komunikasi.

 

Segala ilmu serta kebaikan hati yang sudah Bu Ida transfer pada saya selamanya tidak akan saya lupakan.

 

Thanks Bu Ida.. you are my hero..

 

#PahlawanSisternet

 

Foto: Dokumen Pribadi