7 Hal Yang Menarik Di Drama Seri Korea “Descendants Of The Sun (DOTS)”

Sisters, kamu termasuk penggemar drama seri Korea bukan?  Jika termasuk penggemar drama Korea pasti sisters tahu dong, serial terbaru yang baru selesai tayang di stasiun TV KBS2 Korea Selatan yaitu “Descendants Of The Sun (DOTS)”?  Serial yang menceritakan kisah percintaan seorang tentara dan dokter ini sukses membuat “baper” kaum wanita di Asia, dan tentu saja di Indonesia. 

Berikut 7 hal yang menarik dari drama seri “Descendants Of The Sun” yang mungkin akan menarik minat sisters yang belum pernah melihat drama seri Korea.

1.       Aktor dan aktris yang tenar

Penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang memerankan Kapten Yoo Shi Jin dan dokter bedah Kang Mo Yeon. Mereka adalah artis ternama di Korea Selatan dan sudah membintangi banyak drama seri. Kemampuan akting mereka juga tidak diragukan lagi. Selain itu wajah ganteng Song Joong Ki dan aktris cantik Song Hye Kyo membuat penontonnya semakin cinta mengikuti drama ini dan tidak sabar untuk melihat kelanjutan episode per episode. Tapi jangan salah, pemeran-pemeran pendukung lainnya juga tak kalah good looking dan good acting. Deretan tentara dengan badan kekar membuat para wanita semakin mengagumi profesi seorang prajurit.

 

2.       Kisah cinta seorang tentara dan dokter

Kisah cinta Kapten Yoo Shi Jin dengan dokter cantik Kang Mo Yeon mendominasi alur cerita drama ini. Sebagai tentara pasukan khusus, Yoo Shi Jin harus siap sewaktu waktu ditugaskan ke daerah berbahaya dengan taruhan nyawa, dan ini menjadi konflik cinta dengan dokter Kang Mo Yeon yang belum siap menjadi kekasih seorang prajurit. Hingga akhirnya mereka ditugaskan di daerah yang sama yaitu Urk yang termasuk daerah konflik. Adegan-adegan romantis pertemuan mereka di Urk  dan dialog lucu mereka bisa membuat hati penonton ikut terbawa suasana.

 

3.       Profesionalisme pekerjaan

Film ini tidak melulu tentang perjalanan cinta. Ada penggambaran profesi seorang tentara dan dokter bedah secara profesional. Kapten Yoo Shi Jin sebagai seorang tentara dituntut untuk tunduk kepada perintah atasan dan ketika tidak menaatinya maka ada konsekuensi untuk setiap tindakan yang di ambilnya. Sebagai seorang tentara juga dituntut untuk cepat, tegas dan tepat dalam mengambil keputusan terutama pada situasi konflik. Sementara sebagai seorang dokter bedah, Kang Mo Yeon bersama timnya  harus menunjukkan keahlian medisnya untuk bisa menyelamatkan orang. Dalam kondisi darurat atau emergency, mereka dituntut untuk berusaha sebaik mungkin dalam setiap penanganan medis. Banyak pelajaran karir yang bisa di ambil hikmahnya dalam drama seri ini lho.

 

4.       Setting lokasi yang menarik

Satu hal lagi yang menarik di drama ini adalah lokasi pengambilan gambar sebagai latar belakang cerita, salah satunya yaitu di Urk. Kota Urk ini adalah kota buatan yang konon kabarnya untuk penataannya menelan dana 65 persen dari total biaya produksi drama atau sekitar 140 milliar rupiah. Luar biasa ya, mereka sangat serius menggarapnya. Lokasi syuting kota Urk ini sebenarnya diambil dari lokasi-lokasi yang indah di Yunani dan Korea Selatan. Di Yunani, salah satunya adalah di pantai Navagio yang merupakan destinasi favorit turis ketika berkunjung ke negara tersebut. Lokasi bangkai kapal yang menghiasi adegan romantis Yoo Shi Jin dan Kang Mo Yeon terletak di pantai Navagio ini. Sementara untuk kamp militer di Urk, lokasi dibuat di Korea Selatan yaitu di Paju, Seoul bagian Utara. Kira-kira kamu tertarik untuk mengunjungi tempat itu gak, sisters?

 

5.       Adegan dan dialog yang lucu

Genre drama ini adalah komedi romantis. Selain adegan romantis, banyak pula adegan komedi dengan menampilkan dialog lucu dari berbagai peran. Mulai dari adegan dan dialog konyol Kapten Yoo Shi Jin dengan sahabatnya yang sekaligus anak buahnya yaitu Seo Dae Young ketika mereka mengisi libur kerja, atau ketika di lokasi kamp militer Urk sampai dengan adegan kecemburuan pacar mereka masing-masing. Dialog dokter Kang Mo Yeon dengan Kapten Yo Shi Jin atau dengan tim medis nya juga sangat menghibur kita ditambah dengan mimik wajah khas orang Korea.

 

6.       Dialog yang sarat makna

Kim Eun Sook sebagai penulis cerita drama ini sudah tidak diragukan lagi dalam kepiawaiannya menyusun naskah alur cerita dan dialog yang sangat menarik dan sarat makna. Dia telah menulis berbagai cerita drama yang sebagian besar sukses dan menjadi hits drama Korea seperti The Heirs, Secret Garden dan Gentlemen Dignity.

Contoh dialog yang sarat makna dan satir di episode 14, yaitu dialog antara Menteri Luar Negeri Lee Han Soo dengan anak buahnya. “Politik harus dibangun berdasarkan moralitas. Penjahat harus dihukum berdasarkan kejahatan mereka. Keadilan akan menang, dan kejahatan akan kalah”. “Lalu bagaimana dengan moralitas yang anda janjikan tentang negosiasi politik itu?” “Kau naif sekali. Apa menurutmu, politik itu selalu berdasarkan dengan moralitas?” Dalem banget ya, sisters!

 

7.       Iklan Produk Ternama

Kehadiran produk-produk ternama di drama seri ini kentara sekali terutama di episode 13. Mulai dari mobil Hyundai, yang sejak episode awal wira wiri dengan Hyundai Tucson-nya, kemudian Hyundai Avante sampai dengan Hyundai Genesis EQ9000 di episode 13 yang memperlihatkan fitur self drivingnya, dimana Sersan Seo Dae Young mencium Yoon Myeoung Ju tanpa memegang setir! Keren banget lho, sisters!

Adapula Two Tone Lip Bar Lipstick dari brand Laneige yang dipakai dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) di drama ini dikabarkan langsung mendapatkan penjualan tinggi setelah penayangan drama ini.

Sedangkan merek produk lain yang dipamerkan sebut saja Twosome Coffee, Lotte Choco Pie, Subway, dan masih banyak lagi. Kehadiran produk ini banyak menuai kritik, tetapi tidak dipungkiri bahwa karena kepopuleran drama “Descendants Of The Sun (DOTS)” ini maka banyak pihak yang ingin memanfaatkan sebagai ajang iklan. Tentunya pihak KBS2 ikut memanfaatkan hal ini sebagai pemasukan yang bisa menutup, bahkan melebihi ongkos produksi pembuatan drama.

 

Nah bagaimana dengan sisters yang belum nonton, tertarik gak untuk menonton drama seri ini?

Satu hal yang dapat kita ambil poinnya secara garis besar, bahwa mereka sangat bangga dengan hasil karya mereka dan dengan negara mereka yaitu Korea Selatan. Kita juga harus meniru mereka dengan negara kita Indonesia ya, sisters, dan semoga ada karya dari anak negeri ini sehingga bisa mengikuti kesuksesan drama seri “Descendants Of The Sun (DOTS)”.